Pilkades Serentak di 14 Desa

BANJARNEGARA – Plh Bupati bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Banjarnegara mengikuti Rapat Koordinasi Pemantauan Pemungutan Suara Pilkades Serentak secara Virtual dengan Dirjen Kemendagri di Ruang Command Center Setda Kabupaten Banjarnegara, Rabu (27/10). Dalam kesempatan ini Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin melaporkan, di Kabupaten Banjarnegara Sebanyak 14 desa dari 11 kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, Rabu, 27 Oktober 2021. Dengan jumlah DPT sebanyak 36.779 orang yang tersebar di 90 TPS, pesta demokrasi desa itu diikuti oleh 43 calon kepala desa (38 laki-laki dan 5 perempuan).

Rinciannya desa-desa di Kabupaten Banjarnegara yang ikut pilkades tahap I tahun 2021, adalah : Desa Kutayasa dan Blambangan (Kecamatan Bawang), Desa Bandingan (Sigaluh), Desa Sered (Madukara), Kecepit (Punggelan), Desa Kecitran (Purwareja Klampok), Desa Simbang (Mandiraja), Desa Berta (Susukan), Desa Tempuran 9 Wanayasa), Desa Pingit lor (Pandanarum), Desa Karangsari dan Ratamba (Pejawaran), serta Desa Karangtengah dan Pasurenan (Batur).

“Ada 43 calon Kepala Desa yang mengikuti Pilkades kali ini,” katanya

Dia menjelaskan, berbagai upaya sudah dilakukan agar penyelenggaraan Pilkades bisa berjalan lancar, aman, tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan. Dalam pelaksanaannya pemilih dibatasi 500 orang di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Panitia Pilkades telah menyediakan 90 TPS dengan daftar pemilih tetap sejumlah 36.381 orang.

Syamsudin juga menyampaikan, adanya Pilkades ini menjadi sasaran vaksinasi bagi desa-desa yang menyelenggarakannya.

“Prioritas vaksinasi bagi masyarakat pada desa-desa yang melaksanakan Pilkades dengan dukungan vaksin dari Kodim 0704/Banjarnegara sebanyak 36.000 vaksin,” katanya

“Selain itu, sebagai bentuk transparansi dan menghindari kerumunan masyarakat dalam penghitungan suara, panitia memanfaatkan media sosial pada saat penghitungan suara. Ini sebagai langkah alternatif membendung keinginan masyarakat dalam mengawal penghitungan suara secara lagngsung,” tuturnya

Syamsudin berharap, pesta demokrasi ini sukses dan menghasilkan kepala desa terpilih yang berkualitas.

Sementara itu Tim pantauan Pilkades dari Pemkab Banjarnegara meninjau pelaksanaan pesta demokrasi ala desa itu di Desa Kutayasa Kecamatan Bawang. Camat Bawang Anton Risdianto SSTP, menjelaskan, pelaksanaan Pilkades secara umum berjalan dengan baik. Prokes juga tertib, alhamdulillah secara keseluruhan aman dan damai.

“Sudah tersedia fasilitas yang digunakan dengan semestinya yaitu tempat cuci tangan, hand sanitizer, sarung tangan, thermogen, dan tempat sampah. Selesai pemilihan kita himbau masyarakat untuk langsung pulang. Utntuk pengamanan dari Personil TNI dan Polri 12 personil, Linmas 20 personil, Kecamatan 5 orang,” jelas Anton

Di desa Kutayasa ada 2 calon yang berlaga, yakni Lismadi (nomor urut 1) dan Lis Subarkah (nomor urut 2). Untiknya kedua kandidat adalah kakak-beradik. Panitia menyediakan 4 TPS untuk menampung pemilih dari 3 kadus yang ada.

Setelah mengikuti Rapat Koordinasi Pemantauan Pemungutan Suara Pilkades secara Daring,  Plh Bupati H. Syamsudin S.Pd M. Pd bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Banjarnegara meninjau pelaksanaan pilkades di Desa Blambangan. Di sini, pilkades diikuti oleh 5 calon yakni : Suyit Muji Karsono, Karsono, Edi Parnoto, Yusup dan Sukisno (pentahana). Jumlah pemilihnya mencapai 4500 lebih.

Plh bupati Syamsudin berpesan agar semua bisa menjaga situasi dan kondusi sampai selesai dengan aman dan damai.

“Kami berharap, pesta demokrasi ini aman lancar, tanpa kendala, sukses dan menghasilkan kepala desa terpilih yang berkualitas,” harapnya.

Sumber: banjarnegarakab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *